www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

3.924 Warga Barru Belum Terakomodir Program JKN

Posted by On 6:41 AM

3.924 Warga Barru Belum Terakomodir Program JKN

3.924 Warga Barru Belum Terakomodir Program JKN

Di 2018 ini warga yang terdaftar sebagai peserta JKN dari seluruh segmen kepesertaaan sebanyak 169.759 jiwa.

3.924 Warga Barru Belum Terakomodir Program JKNakbar hs/tribunbarru.comSuasana penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) oleh Bupati Barru, Suardi Saleh dalam rangka Universal Health Coverage (UHC) 2018 yang digelar di Kecamatan Mallusetasi dan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Selasa (24/4/2018).

Laporan Wartawan TribunBarru.com, Akbar HS

TRIBUNBARRU.COM, BARRU - Dinas Sosial (Dinas) Barru sudah melayani Tujuh Ribu warga kurang mampu di Barru sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Inonesia Sehat (JKN-KIS).

Meski demikian, secara keseluruhan di Barru memiliki 173.683 jiwa penduduk namun yang terlayani JKN berjumlah 169.759. Secara otomatis masih ada sekitar 3.924 warga yang belum terakomodir dalam program JKN.

Hal tersebut terungkap saat acara penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) oleh Bupati Barru dalam rangka Universal Health Coverage (UHC) 2018 yang digelar di Kecamatan Mallusetasi dan Soppeng Riaja, Selasa (24/4/2018).

Dalam penyerahan kartu KIS itu turut dihadiri Kadis Sosial, Andi Makmun Kepala BPJS Wilayah Barru serta beberapa Kepala OPD dan para kepala desa (Kades).

Pendistribusian KIS tersebut dalam rangka tercapainya Universal Health Coverage (UHC) diwilayah Barru yakni cakupan kepesertaan menyeluruh dengan terdaftarnya penduduk di wilayah Barru menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Secara rinci data Dinsos Barru, data peserta KIS dari warga kurang mampu di tujuh Kecamatan yang ada di Kabupaten Barru, yakni Kecamatan Mallusetasi 1.207 jiwa, Soppeng Riaja, 1.194, Balusu 583, Barru 1.057, Tanete Rilau 911, Tanete Riaja 1.198 dan Kecamatan Pujananting 850 jiwa.

Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Dana Sosial dan Jamsos Dinas Sosial Barru Jamaluddin Hasmin S mengatakan, di 2018 ini warga yang terdaftar sebagai peserta JKN dari seluruh segmen kepesertaaan sebanyak 169.759 jiwa atau 97,74 % dari jumlah 173.683 penduduk di Barru.

"Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat yang telah memiliki kartu KIS dipastikan mendapatkan jaminan berupa perlindungan kesehatan," kata Jamaluddin Hasmin dalam sambutannya saat acara penyerahan bantuan KIS.

Sehingga, lanjut dia, peserta memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap masyarakat.

Sementara itu, Bupati Barru Suardi Saleh, berharap dengan ada nya KIS yang baru didistribusikan, warga yang mengalami gangguan kesehatan atau berkeinganan untuk melakukan check up kesehatan, bisa mendatangi fasilitas kesehatan tingkat pertama.

"Sebenarnya kartu KIS yang bapak/ibu miliki tidak gratis, karena iurannya dibayarkan oleh Pemda Barru dengan total anggaran, untuk KIS sharing Provinsi Rp 704.572.800 Juta per bulan dan khusus untuk KIS Kabupaten Barru yakni Rp 161 Juta per bulan," jelasnya.

Jadi total anggaran untuk Barru, lanjut Suardi Saleh, yakni senilai Rp 865.572.800 Juta per bulan terhadap 58.056 jiwa jumlah peserta.(*)

Penulis: Akbar Editor: Hasriyani Latif Ikuti kami di Gibran Ngaku Pemilik Grab, Ratna Sarumpaet Beri Komentar Sarkas, Fakta Aslinya Bikin Rat na Malu Sumber: Google News | Liputan 24 Barru

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »