www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

30 Hektare Sawah Warga Cendana Enrekang Gagal Panen

Posted by On 1:22 AM

30 Hektare Sawah Warga Cendana Enrekang Gagal Panen

30 Hektare Sawah Warga Cendana Enrekang Gagal Panen

Hujan deras yang mengguyur wilayah Cendana kemarin juga mengakibatkan terjadi tanah longsor pada dua titik di jalan poros wilayah Kecamatan Cendana.

30 Hektare Sawah Warga Cendana Enrekang Gagal Panenm aziz albar/tribunenrekang.comBencana banjir melanda Desa Taulan dan Desa Pundilemo, Kecamatan Cendana, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Minggu (24/6/2018).

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Bencana banjir melanda Desa Taulan dan Desa Pundilemo, Kecamatan Cendana, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Minggu (24/6/2018).

Banjir setinggi paha orang dewasa tersebut membuat beberapa fasilitas umum dan lahan pertanian warga mengalami kerusakan.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Enrekang banjir kemarin mengakibatkan ruas jalan Enrekang-Tana Toraja di Kabete tergenang sekitar 50-100 cm dan poros Pinrang-Enrekang tergenang sekitar 50-70 cm sekitar 200 meter.

Selain itu, jumlah rumah warga yang terdampak banjir mencapai 100 rumah. Serta satu Puskesmas, dua sekolah SMP dan SD juga terkena dampak banjir yang terjadi akibat meluapnya Sungai Kabere.

"30 hektare sawah milik warga yang berumur sekitar satu bulan juga harus gagal panen karena terendam air," kata Kasi Kesiapsiagaan BPBD Enrekang, Eka Febriansyah kepada TribunEnrekang.com, Senin (25/6/2018).

Baca: Jelang Pencoblosan, 9 Desa di Luwu Utara Terendam Banjir

Baca: Banjir, Warga Soppeng Enggan Dievakuas i

Ia menjelaskan, selain banjir, hujan deras yang mengguyur wilayah Cendana kemarin juga mengakibatkan terjadi tanah longsor pada dua titik di jalan poros wilayah Kecamatan Cendana.

Selain itu, banjir juga memutus pipa PDAM, sehingga distribusi air ke masyarakat terputus. "Saat ini beberapa keluarga mengungsi ke rumah keluarga yang aman, Puskemas dan sekolah juga belum bisa beroperasi karena masih dalam tahap pembersihan," tuturnya.

Khusus untuk, sekolah SMP Kabere bencana banjir tersebut sudah terjadi dua kali menimpanya. April lalu, juga SMPN Kabere juga terkena banjir yang mengakibatkan peralatan komputer sekolah dan merubuhkan pagar sekolah.

Saat ini air sudah surut di sekitar lokasi bencana dan para personil BPBD dan warga mulai melakukan pembersihan material lumpyr akibat banjir kemarin. Kondisi lalu lintas di Poros Enrekang-Makasar maupun Enrekang-Pinrang pun sudah kembali normal.(*)

Penulis: Muh. Asiz Albar Editor: Hasriyani Latif Ikuti kami di Beredar Video Syur Disebut Mirip Aura Kasih, Begini Kata Pakar Telematika! Sumber: Google News | Liputan 24 Enrekang

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »