www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Belum Ada Pabrik Mobil di Wilayah Indonesia Timur. Ini Kata ...

Posted by On 8:27 AM

Belum Ada Pabrik Mobil di Wilayah Indonesia Timur. Ini Kata ...

  • by Danu P Dirgantoro
  • 22-Aug-2018
Belum Ada Pabrik Mobil di Wilayah Indonesia Timur. Ini Kata Pemerintah Sulawesi Selatan

Pabrik perakian mobil di Indonesia sampai hari ini hanya ada di pulau Jawa dengan konsentrasi di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Padahal di wilayah timur Indonesia penjualan mobil baru juga tak kalah bergairah.

Ibu kota Sulawesi Selatan, Makassar, yang merupakan kota besar di wilayah Indonesia timur pun harusnya terdapat pabrik perakitan Namun, sampai saat ini belum ada pabrik mobil di kota tersebut.

"Mereka juga banyak pertimbangan seperti komponen transportasi dan seterusnya. Sementara itu kami belum punya pemikiran ke arah sana, jadi selama ini tergantung dari teman-teman perusahaan otomotif saja. Kalau mereka memang menginginkan (mendirikan pabrik) di sini dan memang visible, why not?," ujar Soni Sumarsono, Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (21/8).

Soni menyebut juga bahwa wilayah Indonesia timur memang punya semacam ketergantungan dengan Makassar, sebab di kota tersebut jadi persinggahan terbesar berbagai jalur pelayaran. Jadi, Sulawesi Selatan, Makassar khususnya, punya peran vital dalam distribusi mobil baru di wilayah timur.

"Tapi sementara itu pertimbangan dari pihak pebisnis masih belum profitable untuk membawa industrinya ke sini. Nantinya s emoga bisa bertahap, supaya bisa mendekatkan jarak antara produsen dan konsumen di wilayah timur, hal ini bisa-bisa saja terjadi," tutup Soni Sumarsono yang kami temui di hari pertama GIIAS Makassar 2018.

Sumber: Sulawesi Selatan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »