www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

OPINI: Peningkatan Layanan Kesehatan di Provinsi Sulawesi Selatan

Posted by On 2:32 PM

OPINI: Peningkatan Layanan Kesehatan di Provinsi Sulawesi Selatan

  • Oleh: Dr.dr. Ampera Matippanna, Sked, MH*

Seiring dengan Visi-Misi pembangunan masyarakat Sulawesi Selatan periode 2018-2023 oleh gubernur terpilih, Prof.Dr. Nurdin Abdullah yang menekankan pembangunan yang bersifat inovatif, kompetitif, produktif, inklusif, dan berkarakter, maka sudah saatnya bagi para pengambil kebijakan di bidang kesehatan, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk melakukan langkah-langkah penyesuaian dalam menyusun program dan anggaran yang berorientasi pada pelayanan kesehatan yang bermutu berdasarkan indikator-indikator pembangunan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan mengedepankan aspek-aspek pelayanan yang sesuai dengan Visi-Misi tersebut.

Tentunya bukan hal yang mudah seperti membalikkan telapak tangan untuk merealisasikan program yang inovati, kompetiti, produktif , inklusif dan berkarakter di bidang pelayanan kesehatan tersebut karena akan melibatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dari berbagai disiplin ilmu dalam rumpun kesehatan. Namun dengan kejujuran, kompetensi dan kerja keras dari aparatur pemerintahan dalam membangun sebuah sinergi, baik secara internal institusi, lintas sektor dan masyarakat, maka pembangunan masyarakat pada sektor kesehatan bukanlah hal yang muluk-muluk.

Pembangunan Kesehatan di Sulawesi Selatan sudah saatnya mulai bergeser ke arah promotif dan preventif tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitatif. Bukan lagi saatnya Puskesmas dibangun dengan ruang-ruang perawatan yang super canggih yang menyerupai kelas-kelas pelayanan di rumah-rumah sakit, tetapi bagaimana memberikan pelayanan kesehatan yang inovatif yang dapat mencegah orang jatuh kedalam sakit, melalui upaya promotif dan preventif.

Hal ini seiring dengan kebijakan pemerintah pusat untuk mengaktifkan dan membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang tidak hanya bersifat slogan-slogan saja tetapi menjadi perilaku masyarakat, sehingga masyarakat dapat terhindar dari berbagai penyakit, baik yang bersifat menular maupun yang tidak menular. (***)

* Dr.dr. Ampera Matippanna, Sked, MH adalah Dokter pada Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan. Pernah menjabat Kepala PKM Sa’dan Malimbong, Toraja Utara.

Baca Juga

BERITA FOTO: Yuk, Nikmati Sunset di Buntu Sarira!Dodi “Si Epen-Cupen” Bikin Geger Kantor Bupati Tana TorajaSMP Negeri 1 Makale Wakili Sulsel pada Olimpiade Literasi Siswa NasionalPerusahaan Kopi Besar Akan Masuk ke BaruppuBagikan
  • 57
Sumber: Sulawesi Selatan

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »