GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Perbaiki Laporan Keuangan, Pemkab Enrekang Launching Apel ...

Perbaiki Laporan Keuangan, Pemkab Enrekang Launching Apel ...

Perbaiki Laporan Keuangan, Pemkab Enrekang Launching Apel Emas Apel Emas merupakan akronim dari Aplikasi pelaporan elektronik menuju Enrekang Maju, Aman dan Sejahtera…

Perbaiki Laporan Keuangan, Pemkab Enrekang Launching Apel ...

Perbaiki Laporan Keuangan, Pemkab Enrekang Launching Apel Emas

Apel Emas merupakan akronim dari Aplikasi pelaporan elektronik menuju Enrekang Maju, Aman dan Sejahtera

Perbaiki Laporan Keuangan, Pemkab Enrekang Launching Apel EmasMUH AZIS ALBARapel emas dilaunching langsung oleh Sekda Enrekang, Chairul Latanro di ruangan Asisten II Setda, Kantor Bupati Enrekang, Jumat (2/11/2018).

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang berupaya memperbaiki pelaporan progres fisik dan keuangannya.

Untuk itu, Pemkab Enrekang melaunching sebuah proyek perubahan yang diberi nama & #039;Apel Emas'.

Apel Emas merupakan akronim dari Aplikasi pelaporan elektronik menuju Enrekang Maju, Aman dan Sejahtera yang dinisiasi oleh Kabag Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Enrekang, Sulviah Dahaling.

Baca: KPU Luwu Utara Akan Gelar Kursus Kepemiluan, Peserta Terbuka untuk Umum

Baca: Demo 211 Hari ini - Kondisi Terkini di Jakarta, Jumlah Massa, Titik Aksi & Doa untuk Korban Lion Air

Baca: TERBARU Gempa Bumi Hari Ini 3,8 SR Guncang Luwu Timur (Lutim), 2 Jam Setelah Poso, Potensi Tsunami?

Apel Emas tersebut merupakan sebuah aplikasi pelaporan berbasis web dimana aplikasi tersebut diharapkan dapat menjadi alat bantu OPD untuk memberikan informasi progres fisik dan keuangannya kepada bagian perekonomian dan administrasi pembangunan Setda Enrekang.

Aplikasi tersebut dilaunching langsung oleh Sekda Enrekang, Chairul Latanro di ruangan Asisten II Setda, Kantor Bupati Enrekang, Jumat (2/11/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Sulviah mengatakan dirinya mengangkat aplikasi ini karena selama ini realisasi fisik dan keuangan masih dalam bentuk manual dan pelaporannya selalu terlambat.

Padahal, sudah ada edaran bupati untuk mengumpul laporan paling lambat tanggal 10 tiap bulannya.

Untuk itu, dengan adanya aplikasi tersebut dapat membantu pelaporan progres fisik dan keuangan dengan tepat waktu, tepat mutu, tepat administrasi, tepat sasaran dan manfaat.

Baca: Hanya 5 Slide, Wabup Bulukumba Presentase di KemenPAN-RB

Baca: Dibocorkan Maia Estianty, Ternyata Irwan Mussry Sempat Ngulang Ijab Kabul, Ini yang Terjadi

Baca: Ada Kenaikan, Ini Daftar Harga Tiket Terbaru Laga PSM Vs Persipura, VIP Utama dan VIP Utara-Selatan

"Tujuan jangka pendek, kita targetkan 10 perangkat daerah, dan jangka menengah 20 OPD serta jangka panjang, semua perangkat daerah harus laporkan re alisasinya lewat aplikasi elektronik," kata Sulviah.

Ia menjelaskan, tujuan Apel Emas tersebut adalah untuk membantu menyajikan laporan dalam rangka pengendalian pelaksanaan kegiatan pembangunan.

apel emas dilaunching langsung oleh Sekda Enrekang, Chairul Latanro di ruangan Asisten II Setda, Kantor Bupati Enrekang, Jumat (2/11/2018).
apel emas dilaunching langsung oleh Sekda Enrekang, Chairul Latanro di ruangan Asisten II Setda, Kantor Bupati Enrekang, Jumat (2/11/2018). (MUH AZIS ALBAR)

Selain itu, Apel Emas juga diharapkan untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan dan penyimpangan dalam pelaksanaan kegiatan APBD.

"Aplikasi ini ada dua bagian yaitu PHP framework codelgniter dan data base yang digunakan adalah mysql yaitu sistem management basis data relasional yang didistribusikan secara gratis," ujarnya.

Penulis: Muh. Asiz Albar Editor: Nurul Adha Islamiah Ikuti kami di Video PilihanSumber: Google News | Liputan 24 Enrekang

No comments